7 Kegunaan Keluarnya Keringat Dari Tubuh ~ newbieXpose
Anda Bisa Memberikan Donasi Pada Blog Ini Dengan Klik Iklan Dibawah ini atau Banner atau Menjadi Follower atau Berkomentar, Terima Kasih Atas Bantuannya

7 Kegunaan Keluarnya Keringat Dari Tubuh

Umumnya keringat selalu dikaitkan dengan sesuatu yang jorok, mulai dari anggapan bahwa orang yang berkeringat pasti bau dan sebagainya, ia nggak?? Yang perlu kita tahu sebenarnya berkeringat itu tidak berbau. Bau yang timbul akibat keringat sudah bercampur dengan bakteri yang menumpuk di kulit ketiak. Berikut ada beberapa manfaat keluarnya keringat bagi tubuh : 
1. Mencerahkan wajah Peluh yang bercucuran di wajah bermanfaat untuk mendinginkan tubuh dan juga berefek pada kebersihan kulit wajah karena keringat di wajah akan mengurangi kotoran yang menyumbat pori-pori untuk mencegah jerawat. 
2. Mendinginkan tubuh Berkeringat merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengatur temperatur yang meningkat saat kita beraktivitas atau kepanasan. Keringat yang keluar akan membantu tubuh menyingkirkan panas sehingga kita tidak akan kepanasan. Karena pentingnya fungsi keringat, maka jika kita tidak bisa berkeringat akan membahayakan nyawa. 
3. Melawan infeksi Berkeringat sangat efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus yang resisten pada antibiotik. Selain itu berkeringat juga akan akan mengurangi bakteri dan jamur berbahaya di kulit. Dalam cairan keringat terkandung nitrit, yang akan diubah menjadi asam nitrit saat mencapai permukaan kulit, gas yang mengandung antibakteri dan antijamur. 
4. Menyehatkan sirkulasi Ketika kita berkeringat, detak jantung akan menjadi cepat dan sirkulasi meningkat, terutama di sekitar kulit. Dasar kelenjar keringat terletak di lapisan bawah kulit yang lokasinya sangat dekat dengan pembuluh darah kecil. 
5. Menyembuhkan Tahukah Anda mengapa kita berkeringat saat sedang demam? Berkeringat merupakan cara tubuh untuk membangunkan sistem imun agar melawan patogen yang membuat kita sakit. Pengeluaran keringat merupakan cara tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. 
6. Mengurangi asma Jika keringat yang keluar dari tubuh Anda setelah berolahraga sangat banyak, maka risiko Anda menderita asma lebih rendah. Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan tim dari University of Michigan. 
7. Membuang toksin Penelitian menunjukkan keringat mengandung berbagai komponen, termasuk metal beracun dalam jumlah kecil. Karena itu berkeringat sering disebut juga sebagai detoksikan. Dengan jumlah kelenjar keringat sampai 5 juta di kulit manusia, tak heran jika berkeringat merupakan mekanisme pembuangan racun dari tubuh. 
Naah.... itulah beberapa manfaat keluarnya keringat dari dalam tubuh, agar tubuh berkeringat bisa dilakukan dengan berolah raga atau memanaskan wajah dengan uap panas dan sebagainya.... semoga bermanfaat... (Dipetik dari berbagai sumber)

3 comments:

basir Annas mengatakan...

wah....
kringat ternyata bermanfaat :D

mia mengatakan...

sesuatu yang biasa oleh kita di anggap sepele,ternyata mempunyai hal yang sangat luar biasa,,,

Maz Waone mengatakan...

Baru tahu saya kalo keringan itu ada mamfaat-nya

Posting Komentar