Mencegah Kerusakan Mata Akibat Bekerja Depan Komputer ~ newbieXpose
Anda Bisa Memberikan Donasi Pada Blog Ini Dengan Klik Iklan Dibawah ini atau Banner atau Menjadi Follower atau Berkomentar, Terima Kasih Atas Bantuannya
Di zaman yang serba canggih ini siapapun tidak mungkin tidak mengenal yang namanya komputer bahkan  hampir 80% pekerjaan kita sehari2 diselesaikan dengan memanfaatkan komputer. tapi jangan sampai karena hal itu justru mendatangkan penyakit mata. Yang disebut belakangan merupakan penyakit yang seringkali muncul akibat pemakaian komputer yang katanya sih hal itu karena seringnya mata menatap layar komputer setiap harinya dan yang lebih mengerikan kita bisa kehilangan penglihatan beberapa tahun ke depan, sekalipun usia masih tergolong muda. Sementara saya sendiri menggunakan komputer hampir 15 jam sehari
Nah, sebelum itu terjadi ayo kita sama-sama mencegahnya Di bawah ini adalah beberapa upaya untuk mencegah kerusakan mata akibat pemakaian komputer :
1.  Istirahatkan mata Kita 
Penglihatan yang diarahkan ke layar komputer secara terus menerus menyebabkan kelelahan dan ketegangan pada mata Anda. Ini akan menyebabkan mata perih dan berair. So, setiap kali Anda bekerja dengan komputer, sesekali istirahatkan pandangan Anda dari layar komputer. Biarkan mata Anda istirahat sejenak, sehingga mata Anda terhindar dari ketegangan.
2.  Kedipkan mata 
Selama bekerja, kedipkan dan pejamkanlahlah mata Anda sesering mungkin. Tindakan ini akan mengendurkan otot-otot mata Anda yang tegang dan kaku. Saat memejamkan mata, lakukan tindakan pemijatan pada mata Anda dengan kedua jari agar penglihatan Anda semakin jernih.
3.  Gunakan obat tetes mata
Jika mata Anda terasa perih, gunakan obat tetes mata. Hal ini juga untuk mencegah kekeringan pada mata Anda. Setelah memakai obat tetes ini, pejamkan mata Anda selama beberapa detik, hingga obat tetes itu meresap ke mata Anda.
4. Gunakan penerangan yang cukup  
Gunakan penerangan yang cukup saat Anda menggunakan komputer. Jangan terlalu redup dan jangan terlalu silau. Penerangan yang tidak tepat akan mempercepat kerusakan mata. Hal ini juga perlu Anda perhatikan saat Anda membaca dan beraktifitas dengan mengandalkan penglihatan Anda, misalnya menulis, presentasi, dll.
5. Pakai layar anti silau   
Layar anti silau akan melindungi mata dari sinar yang dipantulkan monitor yang menyilaukan. Maka, jika memungkinkan gunakan layar anti silau pada komputer Anda.
6. Pakai kacamata 
Jika komputer Anda tidak bisa menggunakan layar anti silau, gunakan kacamata setiap kali Anda menatap komputer. Terutama jika mata Anda menderita gangguan mata seperti minus, plus, atau silinder. Penggunaan kacamata ini akan menghindari kerusakan mata yang lebih parah.
7. Posisi monitor 
Perhatikan posisi aman komputer Anda. Letakkan komputer pada jarak 18 sampai 50 inch dari posisi Anda duduk. Hal ini juga perlu ditunjang dengan cara duduk Anda. Duduklah dengan posisi tegak namun rileks, jangan terlalu kaku dan jangan kebanyakan bersandar. Selain membantu pandangan Anda, tindakan ini juga mencegah kelainan bentuk tulang belakang.   
8.  Konsumsi vitamin 
Agar mata Anda senantiasa sehat, konsumsilah vitamin untuk mata secara teratur. Vitamin A dan C diyakini dapat mempertahankan dan menambah jernih fungsi penglihatan Anda.
Nah, mulai sekarang ayo kita perhatikan kesehatan mata Anda dengan baik. Paling tidak, Anda dapat melakukan upaya di atas untuk mencegah kerusakan mata akibat pemakaian komputer. jika bukan kita, siapa lagi yang peduli mata panca indra Sobat yang paling berharga ini? Selamat bekerja...!

0 comments:

Posting Komentar