Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan ~ newbieXpose
Anda Bisa Memberikan Donasi Pada Blog Ini Dengan Klik Iklan Dibawah ini atau Banner atau Menjadi Follower atau Berkomentar, Terima Kasih Atas Bantuannya
BAB III
OBJEK DAN METODE PENELITIAN

3.Objek Penelitian
Adapun yang menjadi objek penelitian adalah  variabel-variabel:              1. Produk, 2. Tarif Jasa Bank, 3. Kualitas Pelayanan Bank, yang terdiri dari 5 sub variabel, yaitu Reliability (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Emphaty (Empati), Assurance (Jaminaan), Tangible (Bukti langsung), dan 4. Kepuasan nasabah.
        Tingkat kepuasan nasabah akan diteliti melalui responden, yaitu nasabah   penghimpun dana Bank Syariah Mandiri Cabang Bandung utama Jl. Ir. H. Djuanda No.74 Bandung.

3.2 Desain Penelitian
Desain penelitian adalah kerangka atau framework untuk mengadakan penelitian. Dalam desain penelitian tercangkup penjelasan tentang tipe disain riset yang memuat prosedur yang dibutuhkan dalam upaya memperoleh informasi serta mengolahnya dalam rangka memecahkan  masalah.
Penelitian ini bersifat deskriptif, dimana penelitian deskriptif adalah penelitian yang sifatnya memberi  gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat varibel yang diselidiki (Nazir,1999:65), sedangkan penelitian studi kasus bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kualitas pelayanan, produk, dan tarif jasaa pada perbankan syariah .
Ditinjau dari dimensi waktu, desain penelitian ini bersifat cross sectional karena penelitian ini dilakukan dalam satu kurun waktu tertentu. Kelebihan dari desain cross sectional adalah dari segi pemakaian waktu yang lebih singkat.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode dengan menggunakan teknik survei, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data serta mempelajari gejala atau fenomena sosial dengan jalan meneliti variabel-variabel penelitian yang dilaksanakan (Nazir,1999:65). Metode survei yang digunakan adalah metode wawancara dan penyebaran kuesioner.

3.3    Operasionalisasi Variabel
Dalam penelitian ini, pokok masalah yang diteliti adalah sebagi berikut :
1.    Produk
2.    Tarif Jasa Bank
3.     Kualitas pelayanan  yang memiliki sub variabel
§    Reliability (Keandalan)
§    Responsiveness (Ketanggapan)
§    Emphaty (Empati)
§    Assurance (Jaminaan)
§    Tangible (Bukti langsung)
4.    Kepuasan konsumen
Secara lebih rinci, operasionalisasi variabel dapat terlihat pada tabel 3.1 berikut :

Skripsi Utuhnya download aja DISINI

0 comments:

Posting Komentar