Cara Sederhana Merawat Laptop/NB Anda ~ newbieXpose
Anda Bisa Memberikan Donasi Pada Blog Ini Dengan Klik Iklan Dibawah ini atau Banner atau Menjadi Follower atau Berkomentar, Terima Kasih Atas Bantuannya

Cara Sederhana Merawat Laptop/NB Anda

Sekarang ini laptop atau NB bukanlah barang mewah bagi kebanyakan orang, tidak seperti dulu punya handphone aja walau harus naik buat nyari signal yang masih timbul tenggelam dan hanya dimiliki oleh segelintir orang saja, walaupun begitu tak ada salahnya jika sobat sedikit memperhatikan laptopnya agar tidak cepat rusak, dan dari pada rusak dan beli lagi kan boros juga tuh…?? Nah ini ada beberapa cara sederhana agar laptop sobat terawat :
Hindari Panas Matahari Secara Langsung
Usahan jangan meninggalkan NB di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari karena panas yang berlebihan dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.
-  Hindari Medan Magnet
Hindari kontak langsung dengan peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Sekiranya Sobat ingin mengakses Internet menggunakan ponsel, letakkan ponsel dalam jarak minimal 15 cm dari NB.
-  Membersihkan Keyboard
Gunakan proteksi pelindung kibor untuk mencegah kotoran karena keyboard laptop gampang sekali kotor, mungkin karena jari tangan kita yang berminyak, abu rokok, sisa makanan, atau debu. Sesekali kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran tersebut atau bersihkan permukaan tombol keyboard mengunakan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca.
-  Mengelap Layar
Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar, karena ada beberapa kejadian hal itu bisa menyebabkan pemukaan LCD menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras dan jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, cairan pembersih LCD bisa dibeli ditoko-toko elektronik atau kalau tidak ada pakailah pembersih kaca.
-  Menghindari Goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar notebook. Taruh lapisan pelindung di atas kibor sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan notebook pada wadah/tas yang telah tersedia.
-  Case Cemerlang
Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak lagi mengilat. Pakai deterjen nonzat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.
-  Menyimpan notebook
Bila Anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai terlebih dahulu dan jangan sampai terlalu kosong karena bisa menyebabkan batre NB rusak.
-  Hindarkan dari remak makanan
Ini kebiasaan yang kadang sulit dihapus, kerja sambil makan cemilan sehingga terkadang remak makanan yang tertinggal pada NB akan mengundang semut yang bisa berakibat fatal juga kalau sampai menjadi sarang semut karma bisa masuk kedalam  mesin dan menyebabkan korselet pada piranti keras, semoga bisa bermanfaat….

1 comments:

Posting Komentar