Kekuatan Sentuhan dan Pelukan Untuk Bertahan Hidup ~ newbieXpose
Anda Bisa Memberikan Donasi Pada Blog Ini Dengan Klik Iklan Dibawah ini atau Banner atau Menjadi Follower atau Berkomentar, Terima Kasih Atas Bantuannya
Salam sejahtera buat Serambilover, semoga Sobat semua sedang dalam keadaan tak kurang satu apapun jua, amin…. Saya sering mendengar pasangan muda mengatakan kau dekat kau kudekap… beneran gak sih..?? Ternyata itu bukan hanya sekedar ungkapan semata karena untuk bisa bertahan hidup, kita membutuhkan minimal empat pelukan sehari. Untuk kesehatan, kita butuh delapan pelukan perhari. Untuk pertumbuhan, awet muda, kebahagiaan, kita perlu 12 pelukan perhari, ungkap Virginia Satir, szlah seorang terapis keluarga.
Mungkin, Sobat sedikit heran, benarkah pelukan memiliki kekuatan yang begitu hebat, hingga bisa membuat sehat, panjang umur, dan awet muda? Ternyata sentuhan merupakan satu-satunya dari lima indera yang tidak terpengaruh oleh usia. Saat kita menua, indra penciuman menjadi kurang tajam, indra perasa menjadi sulit membedakan, indra pendengaran menurun dan penglihatan memerlukan bantuan, tetapi indra peraba kita tidak pernah berubah. Malah, kebutuhan untuk menyentuh dan disentuh meningkat.
Sesungguhnya manusia terlahir dengan kebutuhan akan sentuhan. Jika bayi dan anak-anak kurang sentuhan, maka mereka akan tumbuh menjadi anak yang kurang peka dan sulit berempati pada orang lain lho..... weleh weleh... dan bukan hanya manusia, mamalia lain juga menyukai sentuhan. Ada banyak penelitian ilmiah pada orang utan, simpanse, kucing, atau anjing yang menunjukkan efek yang sangat berbeda antara bayi hewan-hewan itu ketika mereka banyak disentuh dan yang miskin sentuhan. Bahkan Tribunnews.com, mengulas tentang Diane Ackerman, penulis buku A Natural History of the Senses, yang menyebutkan peraba adalah indra dengan fungsi dan kualitas yang unik. Sentuhan akan berpengaruh pada seluruh organisme.
"Sentuhan lima kali lebih kuat dari kata-kata dan kontak emosional. Tidak ada indra lain yang mudah dibangkitkan selain lewat sentuhan," katanya.
Jika sentuhan dirasa tidak menyenangkan, tidak akan ada spesies. "Seorang ibu tidak akan menyentuh anaknya jika mereka tidak merasa hal itu menyenangkan. Jika kita tidak suka disentuh dan menyentuh, mungkin tidak akan ada seks," kata Saul Schanbergh.
Sebuah penelitian juga menunjukkan sentuhan dari pasangan yang dicintai memiliki kekuatan dua kali lipat dalam melawan stres. Sentuhan dan rasa nyaman yang diciptakan juga meningkatkan imunitas dan mempercepat kesembuhan.
Semakin bertambahnya usia, membuat kebutuhan akan rasa dicintai pun meningkat. Kita perlu belajar memberi sentuhan melalui pelukan, ciuman, atau berpegangan tangan pada orang yang kita cintai karena kebutuhan akan perasaan dicintai dan tidak sendiri merupakan salah satu cara manusia bertahan hidup. Bahkan seorang master reiki di Mumbai, India berkata," pelukan adalah salah satu alat untuk bertransformasi. Dengan pelukan satu pribadi dengan pribadi lain semakin dekat. Jika hubungan Sobat dengan orang lain renggang. Salah satu cara agar hubungan itu menghangat dengan memeluknya.. Kok bisa ya..??
Nah.... Jika rumah tangga Sobat diambang kehancuran, cobalah memeluk pasangan Sobat 20 kali sehari. Saya yakin Sobat berdua tak akan bercerai. Selain itu, hidup Sobat berdua akan lebih bahagia, sehat, dan awet muda. Serta Sobat akan terhindar dari stress dan depresi." Wuih..... begitu hebatnya kenapa tidak dicoba,... Ayo kapan sobat terakhir memeluk pasangannya masing-masing???

3 comments:

ndzr mengatakan...

1

Serambi mengatakan...

ndzr, wow blognya cool gan...

Desa Pemekaran mengatakan...

anuan te game sak solah untuk kanak.

Posting Komentar