Cara Menghindari Rambut Anda Beruban ~ newbieXpose
Anda Bisa Memberikan Donasi Pada Blog Ini Dengan Klik Iklan Dibawah ini atau Banner atau Menjadi Follower atau Berkomentar, Terima Kasih Atas Bantuannya

Cara Menghindari Rambut Anda Beruban

Saya pernah melihat tulisan motivasi yang mengatakan “menjadi tua adalah pasti dan menjadi dewasa adalah pilihan”  Yang mungkin bisa dikatakan tua dan beruban adalah pasti tetapi menjadi pemuda tampan atau cewek cantik beruban mungkin saja tidak kita inginkan bukan?  Ternyata rambut beruban bisa menyerang siapa saja, yang muda maupun yang sudah berumur, karena memang kehadirannya tidak bisa dicegah. Munculnya uban disebabkan karena produksi pigmen melanocytes pada rambut telah berkurang dan kita bisa mengkonsumsi beberapa bahan makanan yang bisa memacu produksi pigmen tersebut bertambah agar uban akan berkurang dan tidak muncul kembali.  Konsumsilah makan yang banyak mengandung zat besi  karena zat besi adalah nutrisi yang merangsang produksi melanocytes yang bersumber dari sayuran hijau dan daging merah.   Jangan lupa mengkonsumsi multivitamin yang lengkap untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh karena selain untuk menghindari uban vitamin yang cukup dalam tubuh berfungsi melindungi tubuh dari serangan penyakit.
Tetapi dengan mengetahui penyebab tumbuhnya uban, kita minimal bisa mengurangi timbul dan tumbuhnya ubah pada rambut dikepala kita bukan?   Penyebab timbulnya uban diantaranya :
1.  Kebiasaan merokok
     Racun-racun yang ada dalam rokok membuat tubuh mengalami penuaan dini dan rambut cenderung ikut   memutih karenanya berhentilah merokok untuk menghindarinya.
2.  Stres
    Saat mengalami stres, metabolisme tubuh terganggu secara keseluruhan dan termasuk sebagai pemicu timbulnya uban. Maka sebisa mungkin hindari stres walau kita dalam keadaan tekanan yang berat.
3.  Pemakaian zat kimia berlebihan di rambut
    Pemakaian produk kimia di rambut seperti cat dan obat keriting juga bisa membuat jaringan rambut rusak dan beruban, jadi jangan terlalu sering mengecat atau mengeriting rambut, rawatlah rambut sobat menggunakan shampo dan pelembab khusus untuk menjaga kesehatan rambut.
4. Kebiasaan pola makan
    Uban ternyata bisa disebabkan karena rusaknya jaringan protein dalam tubuh yang disebabkan pola makan yang salah, jadi kalau tidak mau beruban perhatikan benar nutrisi yang masuk ke tubuh kita. Jika pola makan sudah benar dan uban tetap muncul, sebaiknya keluarlah dari rutinitas sehari-hari yang membuat kita stres agar lebih rileks, sehingga metabolisme tubuh kembali normal sebagai langkah awal menghindari rambut beruban, semoga bermanfaat.....

2 comments:

Mak Wardah mengatakan...

terima kasih atas maklumat ini

NewbieXpose mengatakan...

@Mak Wardah, sama-sama terima kasih atas kunjungannya

Posting Komentar